TANGGAPA YANG SALAH TENTANG MOBIL TIMOR


Tanggapan Orang yang Salah Terhadap Mobil Timor

Mobil Timor memang terbilang murah tapi kata murahan sepertinya tidak bisa dilekatkan oleh mobil sedan berbasis mobil korea ini, ada banyak orang yang biasa menggunakan mobil bagus langsung memandang remeh mobil Timor bahkan tanpa perasaan mengecap mobil ini sebagai sampah, tapi tunggu dulu, kebanyakan para pembicara seperti itu hanya menjelekkan tanpa tahu atau mencobanya lebih dulu atau hanya meneruskan olok-olokkan dari orang lain. Banyak juga para pencari mobil yang enggan melirik timor karena persepsinya yang salah, mobil timor gini lah gitu lah dan mereka pun membandingkan mobil Timor dengan mobil saat ini (terlihat bodohnya dalam mengkomparasi sebuah kendaraan). Berikut pertanyaan para pencari mobil bekas kenapa enggan melirik Timor :

1. Spare part nya langka
Pabrikan timor memang sudah terkubur oleh waktu namun kata siapa spare partnya langka?, coba melirik ke pengguna mobil vespa, kenapa vespa masih tetap berada di jalanan?, padahal part-partnya sudah tidak diproduksi lagi?. Spare Part Timor mana yang langka, saya sendiri mencarinya sangat mudah dan perlu diketahui jika part Timor masih bisa di subsitusi atau dikanibal dengan mobil lain selain Kia Seperti Mazda, Toyota, Suzuki dan lain sebagainya. Kalau mencarinya di bengkel mobil jepang sih biasanya memang tidak ada yang tahu dan bahkan juga menganggap part timor itu tidak laku padahal distributornya juga masih banyak yang jual dan siap mengirimkan part-part yang dicari. Harga Spare part khusus timor terbilang murah, karena tidak menjual merk, berbeda dengan spare part mobil jepang atau eropa, part tersebut mahal karena menjual merk tapi kualitas dan fungsinya sama.

2. Spare Partnya Mahal
Kata siapa spare part timor mahal?, terbilang paling murah dikelas sedan lho. Sebagai contoh yaitu penggantian part kopling, jika mobil jepang minimal dua juta sedangkan mobil eropa 4 Juta, sedangkan timor, cukup 1 Juta saja sudah bisa dapet kopling baru dan bagus. Semua partnya terjamin mutunya asal kita rajin merawat dan tahu cara menggunakannya, buat apa beli part mahal dengan embel-embel aseli atau berkualitas kalau tidak bisa merawat dan menggunakannya?.

3. Mesinnya ringkih
Ah gak juga tuh, saya sendiri sudah mencobanya melakukan tes mesin melewati tanjakan, turunan curam, ngebut hingga 160kpj (masih bisa dipentokin lho tapi takut), menggunakan mobil dengan oli mesin hanya tinggal 1 Liter dan semua uji coba itu aman-aman saja. Di cek kompresi masih normal saja, 2x kena over heat sampai mobil berhenti akibat kepanasan pun tidak masalah, bandingkan dengan mobil lain yang niscaya akan langsung turun mesin ketika mobil over heat. Memang mobil Timor sangat riskan overheat apabila radiator sedang dalam keadaan bermasalah dan kipas-kipasnya tidak sehat. Hebatnya lagi jika timing belt Timor putus, mesin tidak berantakan seperti mobil yang lainnya karena packing head Timor memiliki lekukan berbeda dari mobil lain. Jika dibandingkan mobil lain, putus timing belt adalah petaka, mobil jamin turun mesin sedangkan timor cukup ganti timing beltnya dan bisa kembali ngacir lagi.

4. Boros
Tidak boros kok, normal mobil sedan lawas dan sekelasnya. Apalagi sistemnya sudah injection yang mengatur pasokan bbm lebih efisien dibandingkan sistem konvensional non electric injection. Selama mobil sering dirawat, niscaya tidak akan ada masalah dengan konsumsi bahan bakarnya. Semua mobil tua kalau tidak pernah dirawat juga akan mengalami pemborosan, baik dari bensin maupun part.

5. Larinya Pelan
Timor sehat memiliki Top Speed hingga 180kpj, saya sendiri pernah membawa mobil ini melesat di kecepatan 160kpj dengan mulus tanpa kendala, apalagi mobil Timor akan mengeluarkan powernya jika mesin dibawa kencang diatas 100kpj namun saya sangat sarankan untuk tidak mencobanya ketika jalanan sedang ramai karena sistem pengereman Timor yang memang kurang begitu bagus dan tidak bisa berhenti mendadak jika mobil sedang melesat dikecepatan 100kpj keatas.

Sebenarnya semua mobil lama akan mengalami kerusakan parah apabila sang pemiliknya tidak pernah mau merawatnya, apalagi jika dibandingkan dengan mobil sedan terbaru sih memang sangat berbeda dan nasibnya juga akan sama jika mobil baru tersebut berusia diatas 7 tahun. Setiap part satu persatu akan haus, kalau didiamkan lama kelamaan hanya menjadi barang rongsokan saja. Kalau mau aman dan nyaman, setiap 5 tahun sekali membeli mobil baru, dijamin perawatannya tidak terlalu sulit namun uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Mobil Tua memang tidak diperuntukan buat pemilik yang malas, cuek terhadap kendaraannya dan hanya mementingkan gengsi daripada kualitas.

Komentar

  1. Wah sampe 160KPJ? :D berani amat om. Ane keber sampe 140 masih bisa naik lagi, tapi inget keluarga jadi pelan lagi hahaha

    BalasHapus
    Balasan

    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Klo ane 120 udah gemeteran apalagi bawa anak2....... hiiiii ngeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  3. mobil ane aja cuma SOHC, wktu msh berumur 6 tahun (2005) pernah digeber 170kpj dan enak kok, di tol merak yg saat itu jalannya msh jelek..
    skrg krn kurang terawat lg, paling pol 140 kpj.

    BalasHapus
  4. SS 515 DOHC milik saya di geber full joss Madura ~ Malang mantab dn stabil,irit bensin,ganti spare part mudah dn Murah,awalnya sy pnya persepsi negatif dgn Timor krn ikut2an kata org,tp stelah Ţªύ kelebihannya saya makin nyaman dn sayang dgn Timor saya.

    BalasHapus
  5. mobil timor,,,,ada plus minusnya,,,,jika untuk harga murah meriah dan kenyamanan sgt pas,,,,budget kecil tapi fasilitas plus plus,,,,,,

    BalasHapus
  6. ane punya Timmy di rumah, mash mulus dan perawatannya gampang dan murah, untuk ngajir ini mobil memang oke punya, larinya ngak bisa pelan, denger2 sih waktu Tommy Suharto menyeleksi mobil utk dipilih sebagai proyek mobnas semua merek sdh pernah dites sama beliau, baik mesin maupun performanya,secara beliau memang pembalap nasional waktu itu, yg akhirnya pilihannya ke mobil Timor tsb

    BalasHapus
  7. setujuu ane pengguna SS 515 DOCH, aman nyaman dan assik2 ajjah ..

    BalasHapus
  8. Saya pemilik Timor, jadi saya percaya Timor bisa lari 160 km/jam, tetapi saya belum pernah coba, karena jalan tol sekarang tidak memungkinkan, tetapi kalau cuma 120 km/jam itu sih enteng dan stabil, dan masih jauh dari mentok gas. Saya pernah coba Starlet saya pol gas dan RPM sudah merah untuk beberapa saat dan mencapai 150 km/jam. Tes ini saya lakukan sebelum tahun 2000 di Tol Karawang Barat menuju Cikopo. Starlet juga stabil, tetapi tentu lebih stabil Timor, karena pijakan roda-rodanya lebih lebar. Kalau Vios yang banyak dipakai sekarang sebagai Taxi dengan merek Limo, hampir semua supir taxi menyatakan melayang pada kecepatan 120 km/jam. Yang paling stabil dan nyaman kata mereka adalah Ford dan yang jago ngebut yaa Timor.

    BalasHapus
  9. makasih infonya

    http://cbs-bogor.net/

    BalasHapus
  10. Kalo mau beli timor jangan ragu. Coba baru percaya deh timor mantap. Tapi belinya pilih pilih juga yg rawatannya bagus

    BalasHapus
  11. Biarkan mereka bilang apa, tp gue tetep asyik aja kok punya timor DOHC 1997. ga kalah lari ma mobil kluaran sekarang dah teruji larinya. asal mesin sehat geber aja jgn ragu ragu.

    BalasHapus
  12. Disbanding Mobil Baru yg locost maupun sedikit diatasnya Timor tetep lebih nikmat dikendara ...

    BalasHapus
  13. Disbanding Mobil Baru yg locost maupun sedikit diatasnya Timor tetep lebih nikmat dikendara ...

    BalasHapus
  14. Disbanding Mobil Baru yg locost maupun sedikit diatasnya Timor tetep lebih nikmat dikendara ...

    BalasHapus
  15. Timor DOHC saya tahun 2000,di geber 150kpj...ngacir mantap....pajero lewat hehehe.

    BalasHapus
  16. Pengalaman saya waktu kuliah dulu pernah timing belt putus dan baru nyadar d jalan tol buah batu bandung.. Cukup dengan ganti timing belt baru udah deh ngacir lagi.. Pokonya mobil ini pas dengan anak kosan ga bikin kantong kere... :-D

    BalasHapus
  17. Pengalaman saya waktu kuliah dulu pernah timing belt putus dan baru nyadar d jalan tol buah batu bandung.. Cukup dengan ganti timing belt baru udah deh ngacir lagi.. Pokonya mobil ini pas dengan anak kosan ga bikin kantong kere... :-D

    BalasHapus
  18. Iya walaupun mobil lama tp gak ketinggalan zaman, teknologinya jg lumayan kyk mbl skr. Saya pake timor 1997 enak aja digeber di tol juga stabil. Walaupun mobil lama tp masih enak. AC nya juga dingin mantapp.

    BalasHapus
  19. Iya walaupun mobil lama tp gak ketinggalan zaman, teknologinya jg lumayan kyk mbl skr. Saya pake timor 1997 enak aja digeber di tol juga stabil. Walaupun mobil lama tp masih enak. AC nya juga dingin mantapp.

    BalasHapus
  20. Ane jg sma sperti agan2,kita tunjukan sm yg suka ngrendhin timor,dan kita yg pke timor harus bersatu saling membntu d mn pun kita brada,hidup timor!!!!

    BalasHapus
  21. Mana pemakai timor bandung euyy..sy baru ngangkat ni mobil....butuh pencerahan....email sy dodie.ridone@gmail.com qtau 081312229840....nuhun

    BalasHapus
  22. Bingung lebih enak mana timor DOCH dengan SOCH
    Mohon penjelasannya tentang timor

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Mungkin maksudnya DOHC Sama SOHC ya..?

    BalasHapus
  25. Saya mau membeli Timor SOHC tahun 2000....kenapa karena saya suka ngulik ngulik mobil...dan Timor pilihan yang kompetitif sebagai sedan dng harga yang tidak mahal.....meskipun saya belum pernah punya Timor.....tapi dicoba untuk uji coba kan boleh.....terutama sistem elektriknya.....

    BalasHapus
  26. Bro and Sis yg di komunitas ini saya juga minta saran dan share pengalaman ya.....tararenkyu be4

    ari_sant@yahoo.com

    BalasHapus
  27. Gimana cara utk msk timor-er club

    BalasHapus
  28. Timor gk kuat panas alias over heat. Cek radiator dan fan.. Kalo perlu ganti aja yang baru.. Radiator 750k fan 1 set 380k.. Kalo mesin panas indikato temp normal tapi meain mati.. Cek pengapian.. Biasanya koil udah lemah
    Kalo mau ikutan timor-er.. Buka grup fb aja aja..

    BalasHapus
  29. Blog yg bagus nih....
    Mobil Timor memang mudah overhead kalo tidak ada pengecekan dan perawatan seperti radiator, kabel2, relay dan kipas radiator dan kipas ac.
    Karena Timor termasuk mobil yg sudah berumur, wajar jika kabel2 mengeras, beroksidasi atau patah kulit kabelnya. Jadi kalo ada waktu ganti secara bertahap kabel2 nya.
    Huft... timing belt gw putus nih... ntar sore musti diganti.... sekarang kerja dulu....

    BalasHapus
  30. sy berencana beli mobil timor buat dipake harian dan kperluan pulkam sebulan sekali lah...tp bingung dan takut kalo overheat diperjalanan..mslhnya jarak kekampung skitar 500 km kurang lebih..sy googling mslh si timmy ya overheat itu..ada saran ga nih dari kwn2 gmn tips membeli mobil bekas timor..apa aja yg harus diperiksa dgn teliti..trus antara sohc dan dohc kira2 pilih yang mana??

    BalasHapus
  31. Akhir tahun 2015, ane ama keluarga mudik akhir tahun ke Lampung ke Bengkulu, rutenya full tanjakan,turunan,jalan jelek n jalan musiman (klo musim kering bagus,kalo musim hujan rusak).alhamdulillah sehat n selamat tanpa ada kendala apapun sampai balik lagi ke lampung.tergantung perawatan kita bos...

    BalasHapus
  32. Akhir tahun 2015, ane ama keluarga mudik akhir tahun ke Lampung ke Bengkulu, rutenya full tanjakan,turunan,jalan jelek n jalan musiman (klo musim kering bagus,kalo musim hujan rusak).alhamdulillah sehat n selamat tanpa ada kendala apapun sampai balik lagi ke lampung.tergantung perawatan kita bos...

    BalasHapus
  33. Saya pake timor dohc 1999.
    Dalam kota bensin 1:7.
    Boros gk yah?
    Ac timor memang dingin bngt. Tapi kalo mobil dah kejemur koq lama untuk dingininnya ya.
    mohon pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mobil Timor itu volume bagian dalamnya besar. Bandingkan dengan Vios, maka Mobil Timor lebih lebar dan lebih tinggi. Jadi untuk mendinginkan volume yang besar perlu waktu yang lebih lama. Warna juga mempengaruhi, kalau warna Mobil Timor biru tua, maka akan lebih panas terpapar matahari daripada yang berwarna silver. Pemakaian bensin 1:7 di dalam kota adalah wajar untuk mobil DOHC, jadi harus dibandingkan dengan mobil dengan CC dan DOHC juga. Mobil Timor bukan didesain untuk Stop and Go seperti City Car, tetapi kalau dipakai ke Bandung dari Jakarta tanpa macet dan tentunya agak menanjak, maka pemakaian bensin 1:14 atau 1:16 adalah wajar.

      Hapus
  34. Mana nih pencerahannya para timorer
    trimaksih

    BalasHapus
  35. Saya pake timor 1997 asyik aja tuh irit bbm part juga mudah cuma soket dan bengkel aja yang agak susah dicari didaerah yogyakarta

    BalasHapus
  36. Saya pake timor 1997 asyik aja tuh irit bbm part juga mudah cuma soket dan bengkel aja yang agak susah dicari didaerah yogyakarta

    BalasHapus
  37. saya lagi nyari nyari mbil ni gan,kira kira selain OH(over heat) kendala lain apa ya buat timor
    dan kalo misal pemakaian normal batasan OH kira2 sampek brp KM perjalanan nonstop??
    mohon pencerahan para suhu...

    BalasHapus
  38. umpang tanya dong om,Ane pake Timor SOHC 2000 udah setaun,bau asap masuk ke kabin,di tutup lubang2 di daerah mesin udah pake sealer,setting karburator udah,cek knalpot gak ada bocor,body” di bawah juga gak ada bolong,gmn caranya ya Om?mohon pencerahan,thank’s

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan..ane juga bau knalpot masuk kedalam kabin..bingung knapa ini mobil...haha

      Hapus
  39. umpang tanya dong om,Ane pake Timor SOHC 2000 udah setaun,bau asap masuk ke kabin,di tutup lubang2 di daerah mesin udah pake sealer,setting karburator udah,cek knalpot gak ada bocor,body” di bawah juga gak ada bolong,gmn caranya ya Om?mohon pencerahan,thank’s

    BalasHapus
  40. Saya baru Beli Timor DOHC tahun 1997, bagi orang medan boleh lah buat saya tanya2. Ini nomor hp saya 081265739958. Kalau ada clubnya saya mau ikutan donk.

    BalasHapus
  41. aq pake timor udah lama di ajak kemana2, tanpa kendala tuh,, punya q dohc 97 biru,, pokoknya mantafff pake timor,,,

    BalasHapus
  42. di cek kipas radiatornya barangkali kipas lepas dari kancingnya,, as kipas nyala tp baling2nya nggak ikut berputar,,jadi mesin cepat panas

    BalasHapus
  43. Timor dohc 2000,klo pakai jarak jauh bali-surabaya OH jarak brp km,,

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Timor gue 1997 DOHC, waktu mudik full jalan 8 jam tdk ada mslh OH. Masih aman aja . Klo pengen tarikan enteng & kenceng kudu kuras tangki bbm & ganti fuel pump yg baru,yg lama biar buat cadangan dlm perjalanan. Timor top banget,sparepart & pajak tahunan murah.

    BalasHapus
  46. timmy q kalau pagi baru di nyalakan bunyi srek" itu kira" apa ya, tp kalu kopling di injak bunyinya hilang, kira" apa ya,, mohon solusinya,,

    BalasHapus
  47. Saya pakai timor SOHC 97, Selama ini aman-aman saja, dipakai buat harian... tiap lebaran biat mudik Bogor-Banyumas, kondisi jalan naik turun, macet PP lancar tanpa kendala. Perawatan simple, menurut saya. Apa lagi klo gabung di komunitas timor-er, selain menambah persaudaraan di timor-er kita saling berbagi atau tukar pengalaman mengenai perawatan timor.

    BalasHapus
  48. Kebetulan saya member timor-er nopung T1338

    BalasHapus
  49. Saya sdh jual Timor nya tapi hebat tuh timor beli segitu jual juga segitu malah bisa lebih.... mantab lah

    BalasHapus
  50. Setelah sekian lama dan terlalu mendengarkan pendapat orang2 tentang minusnya mobil timor dohc,,,krn ane baca opini tentang pemilik timor,,,akhirnya ane punya timor juga,,,alhamdulillah bawa rezeki nih mobil,gak nyusahin

    BalasHapus
  51. Salam kenal timor er smua,sy hadiyani

    BalasHapus
  52. Aku pengguna timur sohc96 dulu pake cerry ... Emang timor mobil kelas😊alus mesinya ..sperpart murah sby loak jg msh punya yg ori sby radiator pke coolant normal jaya radiator,shell olinya mantaB larinya...

    BalasHapus
  53. Salam kenal timorer semua.sy juga pengguna mobil timor dohc thn 99.mohon info dunk,klo bengkel yang ngerti mesin di kota pekanbaru-riau kira2 dimana ya?ada recom ga para timorer semua?

    BalasHapus
  54. Salam kenal timorer semua.sy juga pengguna mobil timor dohc thn 99.mohon info dunk,klo bengkel yang ngerti mesin di kota pekanbaru-riau kira2 dimana ya?ada recom ga para timorer semua?

    BalasHapus
  55. Sama info CP club timor di pekanbaru-riau dunk om?kira2 ada yang bisa bantu?

    BalasHapus
  56. Sama info CP club timor di pekanbaru-riau dunk om?kira2 ada yang bisa bantu?

    BalasHapus
  57. Ada yang tahu harga rack PS timor gan ?

    BalasHapus
  58. Saya juga sependapat sama om yang meluruskan pandangan mengenai mobil tersebut hanya saja kalah model aja yang kurang update hehehe

    BalasHapus
  59. Leasing pembiayaan mobil bekas dengan dp murah serta cicilan yang terjangkau dan pinjaman dana jaminan bpkb mobil dengan proses pencairan dana hanya beberapa jam saja untuk seluruh wilayah indonesia
    Untuk keterangan secara detail, Silahkan hubungi marketing kami berikut ini melalui sms, whatsapp atau telepon
    Marketing : Abi Winata
    Phone/Sms/Whatsapp : 081294294758

    BalasHapus
  60. Saya pemilik timor dohc tahun 2000, urusan lari.....ngaciiir banget...palinh suka kalo porsneleng 5 ....kayak kayak ada bunyi turbo yg menggoda utk ngacir......spere part di kota kecil sumenep.....sangat ready.....rencana dijual....tp kok masih sayang bingit....akhirnya batal dah

    BalasHapus
  61. minta saran dong temen temen , saya mau beli timor th 96 SOHC ..kira kira bagusan SOHC apa DOHC ya ? karena komentar temen2 dirumah banyak banget yg ngremehin timor ini ,mohon pencerahan

    BalasHapus
  62. Timor sy tahun 97.dohc.sy bawa dari jakarta .ke aceh tengah (takengon). Perjalanan 3 hari .4 malam. Sendiri.tanpa kawan. Istirahat hy sbntr.lanjut lagi.mantappp.jos.tdk ada mslh. Bbm hbs 2 jt.ngacir....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yasmin Palace - Puncak Bogor 2011

TARIAN TRADISIONAL INDONESIA